10 Manfaat Pijat Kepala Bagi Kesehatan dan Penyembuhan Penyakit

Pijat kepala adalah salah satu jenis penyembuhan alternatif dengan cara terapi pemijatan. Pijat kepala bertujuan untuk meningkatkan aliran energi dengan memijat bagian kepala, leher, pundak, punggung dan bagian wajah. Manfaat utama dari pijat kepala adalah untuk membebaskan saluran-saluran energi tubuh dari energi-energi negatif yang diyakini sebagai sumber penyebab penyakit.

pijat kepala
Terapi pijat kepala dilakukan oleh terapis head massage profesional (Gambar: Howcast.com)

Manfaat Pijat Kepala Bagi Kesehatan

Pijat kepala telah dipraktekan selama beberapa puluh tahun lamanya dan banyak orang telah merasakan manfaatnya. Seni memijat kepala adalah salah satu bentuk Ayurveda untuk tujuan penyembuhan dan relaksasi yang umum dilakukan di banyak negara Asia. Jenis pijat ini biasa dilakukan oleh para pemijat profesional, terapis khusus pijat kepala, dan para tukang potong rambut untuk menghilangkan rasa gelisah dan ketegangan. Inilah alasan pentingnya kenapa anda perlu sering-sering melakukan terapi pijat kepala. Di bawah ini akan diuraikan satu per satu sepuluh manfaat pijat kepala untuk kesehatan dan penyembuhan penyakit.

1. Detoksifikasi Tubuh Melalui Stimulasi Sistem Pembuangan Limfatik

Manfaat pijat kepala yang pertama adalah bisa mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Sistem limfatik adalah sistem pembuangan sampah dari tubuh kita. Tubuh menyerap apa yang diperlukan dan membuang kotoran di sistem limfatik yang perlu dipindahkan ke kelenjar getah bening dan akhirnya dibuang keluar dari tubuh.

Pijat kepala adalah cara yang luar biasa untuk membersihkan kelenjar getah bening sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Pijatan kepala dapat menstimulasi darah mengalir ke daerah leher yang sekaligus juga membantu membuang kotoran dari dalam tubuh.

2. Menyembuhkan Migren

Manfaat pijat kepala yang kedua adalah untuk menyembuhkan migren. Banyak orang menderita migren yang pada umumnya disebabkan karena tekanan pada bagian atas punggung, leher dan kepala. Keluhan migren seringkali membuat hidup menjadi sulit dan juga bisa menjadi pemicu keluhan-keluhan lainnya.

Pijatan dapat melemaskan otot-otot dan sendi-sendi dengan memberikan tekanan pada daerah tersebut yang pada kahirnya juga akan memperlancar aliran darah. Pijatan dapat mengurangi sakit kepala dengan efeknya yang memperlancar aliran cairan ke otak. Pijatan juga bisa mengurangi peluang terjadinya sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan, gangguan tidur dan stres.

3. Menyembuhkan Insomnia, Efek Kurang Tidur & Istirahat

Ketiga manfaatnya adalah bisa menyembuhkan insomnia. Gaya hidup modern sekarang diikuti dengan banyak kebiasaan buruk. Tak adanya waktu luang buat diri sendiri dan terlalu larut dalam kesibukan kerja adalah contohnya. Orang-orang cenderung terlalu sibuk sehingga mereka mengabaikan gejala-gejala awal penyakit, seperti insomnia dan kebiasaan makan yang buruk. Pijat kepala akan dengan segera menyembuhkannya dengan menghilangkan gejala-gejala tersebut, sehingga memungkinkan rasa bugar dan relaksasi serta waktu istirahat yang baik bagi tubuh anda.

4. Mempertajam Daya Ingat

Yang keempat pijat kepala bisa mempertajam daya ingat. Otak kita selalu dipenuhi dengan apa yang harus dipikirkan sehari-hari, yang hampir sebagian besarnya tak terorganisir. Kadangkala kita juga bisa lupa hal-hal kecil yang penting bagi kita. Melupakan sesuatu di rumah saat berangkat kerja atau terlewat tanggal penting adalah beberapa contoh otak yang penuh dengan pikiran yang tidak teratur. Hal ini terjadi terutama karena pikiran yang kelebihan beban dan kurangnya konsentrasi yang menghambat kita untuk menggunakannya dengan efisien.

Pikiran yang sehat adalah satu kunci sukses. Pijat kepala akan meningkatkan aliran darah ke sistem saraf yang berefek dapat menenangkan pikiran sekaligus mengosongkan pikiran Anda dari semua beban. Pijat kepala dapat mengurangi stres emosional dan memasok oksigen ke otak dan dengan demikian meningkatkan kemampuan indra Anda, sekaligus mendorong daya pikir menjadi lebih jernih. Anda akan merasa ringan dan lebih tenang. Kemampuan konsentrasi anda akan meningkat sekaligus daya pikur dan daya ingat juga akan lebih baik.

5. Meningkatkan Kualitas Pernafasan

Pijat memegang peranan penting dalam melatih tubuh untuk rileks dan membantu meningkatkan kualitas pernafasan. Gangguan saluran pernafasan, seperti alergi, sinusitis, asma dan bronkitis, dapat diatasi dengan terapi pijat kepala. Otot-otot depan dan belakang dari tubuh bagian atas adalah bagian dari sistem alat pernafasan. Saat otot-otot ini menegang atau memendek, kondisi ini akan menghambat pola pernafasan secara normal.

Teknik-teknik pijat kepala digunakan untuk memperpanjang dan mengendorkan otot-otot tersebut agar terjadi peningkatan kapasitas pernafasan sesuai dengan yang seharusnya. Jika anda memiliki gangguan yang berkaitan dengan pernafasan, seperti asma, maka pijat kepala adalah pilihan terbaik. Untuk yang tertarik menggunakan terapi pijat refleksi bisa baca artikel: Pijat Refleksi Kaki dan Manfaatnya Bagi Kesehatan berikut ini.

6. Memperlambat Detak Jantung & Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat yang keenam dari pijat kepala adalah bisa menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi tidak selalu memperlihatkan gejalanya, sehingga seringkali disebut sebagai pembunuh diam-diam. Tekanan darah tinggi bisa terjadi pada setiap orang, tetapi wanita pada umumnya lebih rentan terhadap gejala ini.

Pijat adalah cara alami untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi dan efek sampingnya pun kecil. Penelitian menunjukkan bahwa terapi pijat yang dilakukan secara konsisten dapat menurunkan resiko dari ketidakstabilan tekanan darah dan menurunkan level hormon stres, yang berakibat pada menurunnya kemungkinan serangan jantung dan gagal ginjal.

7. Menjaga Stres Emosional dan Fluktuasi Hormon

Pijat kepala membantu memicu dimulainya proses relaksasi. Hormon stres dapat menyebabkan sulit tidur dan bahkan gangguan pada pencernaan. Tubuh dapat menghasilkan hormon stress dalam level yang bisa mengganggu kesehatan seiring dengan gaya hidup yang dilakukan.

Pijat kepala dapat menurunkan level hormon stres dan membantu tubuh memasuki keadaan relaksasi dan mengalihkan anda dalam kondisi istirahat. Efek selanjutnya adalah tubuh merasa rileks dalam waktu cukup lama dan pikiran yang lebih tenang sepanjang hari. Selain mengurangi stres, pijat kepala juga dapat bermanfaat mengurangi rasa sakit, meningkatkan level energi dan memperbaiki performa fisik dan mental anda.

8. Meningkatkan Rentang Gerak

Pijat kepala merupakan cara luar biasa untuk mengendorkan otot-otot yang tegang, memperlancar aliran darah dan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Otot-otot yang longgar rentan terhadap keseleo dan tegang saat berolahraga dan terkadang dapat menyebabkan luka serius.

Terapi pijat ini berfokus pada kepala, bahu dan punggung bagian atas, dan sangat bagus untuk menjaga sendi tetap memiliki cairan cukup banyak sehingga bisa meminimalisir cedera. Dengan bekerja pada otot, jaringan ikat, tendon, ligamen, dan persendian bagian atas tubuh, pijatan terbukti sangat bermanfaat. Peningkatan sirkulasi darah menyebabkan pemulihan dan pencegahan penyakit yang lebih baik. Pijat kepala memberikan rentang gerak yang lebih baik dan mencegah penumpukan asam laktat dalam darah Anda.

9. Memperbaiki Sirkulasi Darah

Manfaatkan pijat kepala untuk memperbaiki sirkulasi darah anda. Sirkulasi darah yang buruk dapat menyebabkan banyak masalah, seperti mengumpulnya darah berlebihan di daerah-daerah tertentu yang menyebabkan kelelahan dan rasa sakit. Pijatan kepala menggunakan teknik tekanan akan memindahkan darah dari daerah tersebut. Hal ini memungkinkan mengalirnya darah yang lebih fresh.

Sirkulasi yang baik akan mengalirkan darah kaya oksigen yang dibutuhkan untuk menyembuhkan otot-otot yang cedera dan tegang. Aliran darah yang lancar juga akan membuang asam laktat dan memperbaiki sirkulasi cairan getah bening yang membawa limbah menjauh dari organ-organ dalam dan otot. Ini adalah manfaat lainnya dari pijat kepala yang bisa menjadikan anda hidup lebih sehat.

10. Pertumbuhan Rambut Lebih Sehat

Yang terakhir manfaat pijat kepala bisa memperbaiki pertumbuhan rambut sehingga lebih subur dan sehat. Pijat kepala merangsang aliran darah menuju akar rambut. Pijatan ini membuka pembuluh darah di kulit kepala dan membantu pembuluh darah menyerap dengan lebih baik. Minyak atsiri bisa digunakan saat pijat kepala untuk meningkatkan laju pertumbuhan rambut. Menggunakan minyak juga bisa membantu mengatasi masalah rambut seperti serpihan kulit atau ketombe.

Jika Anda memiliki masalah ketombe yang buruk, maka pijat kepala yang bagus diikuti dengan menyisir kulit kepala bisa menghilangkan ketombe dan serpih. Bila tidak ada lagi serpih & ketombe, pijatan kepala pasti akan mendorong pertumbuhan rambut. Memijat secara teratur kepala Anda dengan teknik yang tepat dapat meningkatkan kemungkinan pertumbuhan rambut Anda menjadi dua kali lipat.

Itulah 10 manfaat pijat kepala untuk penyembuhan penyakit dan kesehatan tubuh lainnya. Semoga artikel ini bisa berguna untuk anda dan sekaligus mencoba terapi pijat kepala sekali waktu. ~Kang Heri

0 Response to "10 Manfaat Pijat Kepala Bagi Kesehatan dan Penyembuhan Penyakit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel