Pijat Refleksi Kaki dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Pijat refleksi kaki, dikenal juga dengan akupresur atau terapi zona, diketahui pertama kali dipraktekkan oleh bangsa China dan Mesir kuno beberapa abad yang lalu. Bahkan praktek pijat refleksi kaki ini diketahui sudah mulai dilakukan sejak 4000 tahun sebelum masehi. Hal ini terbaca pada beberapa catatan sejarah kesehatan kuno mereka yang berhasil ditemukan. Lain halnya dengan manfaat dan metode akupuntur, pijat refleksi kaki ini lebih mengandalkan tekanan daripada menggunakan jarum. Teknik tekanan ini bertujuan untuk mengaktifkan titik-titik dan organ-organ tubuh yang berefek menghilangkan rasa sakit, merangsang sirkulasi, dan menciptakan keseimbangan pada sistem tubuh.

pijat refleksi kaki
Praktek terapi pijat refleksi kaki dilakukan oleh seorang terapis profesional (Gambar: Thesoleangel.ie)

Meskipun merupakan salah satu praktek penyembuhan paling tua, pijat refleksi kaki belum banyak diadopsi oleh dunia Barat sampai tahun 1500-an. Kemudian, mungkin karena telah disesuaikan dengan kultur barat dan lebih disederhanakan metodenya, praktek pijat refleksi kaki mulai dilakukan di Rusia dan Eropa pada abad ke-20.

Meskipun sudah ada sejak dahulu kala, tetapi ternyata belum banyak penelitian yang dilakukan terhadap banyaknya manfaat pijat refleksi kaki ini. Seperti halnya akupuntur, terapi refleksologi tidak didasarkan pada fakta ilmiah yang baku. Tetapi lebih banyak berlandaskan pada pengalaman praktis selama ribuan tahun, pola-pola dan pemetaan yang rumit dari energi tubuh. Meskipun begitu, terapi pijat refleksi kaki bisa dianggap sebagai satu praktek penyembuhan alternatif. Dilaporkan bahwa terapi ini terbukti memiliki banyak manfaat, mulai dari manfaat relaksasi dan pemulihan stress hingga peningkatan sirkulasi darah dalam tubuh.

Meskipun masih banyak hal yang belum diketahui soal penyembuhan dengan pijat refleksi ini, kita seharusnya tidak menganggap remeh terhadap banyaknya manfaat dari pengobatan alternatif ini. Karena diketahui bahwa pijat refleksi kaki bermanfaat untuk merangsang simptom pada masing-masing organ dan sistem tubuh secara keseluruhan, menghilangkan sumbatan dan menyembuhkan penyakit. Sejalan dengan idea penyembuhan holistik tradisional, bahwa kita memandang penyakit sebagai satu ketidakseimbangan atau sumbatan pada tubuh daripada diagnosis. Itu artinya segera setelah kita melakukan treatment untuk menghilangkan sumbatan ini dan memberikan kelancaran pada energi tubuh untuk mengalir, maka simptom akan menghilang dan dengan sendirinya kesehatan akan pulih kembali.

Daftar Manfaat Pijat Refleksi Kaki Bagi Kesehatan

  • Memperbaiki energi tubuh
  • Menghilangkan rasa nyeri
  • Menghulangkan sumbatan
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menstimulasi organ-organ bagian dalam tubuh
  • Menurunkan tensi / tekanan darah
  • Merangsang sirkulasi
  • Meredakan stres dan rasa gelisah
  • dll
Praktek pijat refleksi mengikuti garis-garis atau saluran-saluran meridian – energi yang memetakan keseluruhan dari bagian-bagian tubuh. Setiap organ tubuh berhubungan dengan saluran-saluran berbeda yang dapat diakses melalui titik-titik berbeda pada tubuh. Terdapat empatbelas saluran utama, dan pada bagian-bagian ini yang dilakukan pemijatan refleksi, yang berhubungan dengan lebih dari duaribu titik pada seluruh bagian tubuh manusia.

Meskipun akupresur dan pijat refleksi dapat dipraktekan pada bagian tubuh manapun, namun umumnya dan kebanyakan hanya dilakukan pada kaki, tangan dan telinga. Karena di ketiga bagian tubuh inilah tempat di mana saluran-saluran meridian berujung dan berkumpul. Dengan berkonsentrasi pada daerah-daerah ini, kita sudah dapat mengakses setiap organ dan sistem tubuh keseluruhan.

Pada bagian kaki, titik-titik ini dapat ditemukan pada bagian telapak dan bagian atas kaki kita. Secara sederhana, terdapat empat daerah utama dari telapak kaki yang berhubungan dengan organ-organ yang berkaitan dengan kepala dan leher, tulang belakang, dada, dan daerah panggul. Kaki kiri berhubungan dengan bagian sisi kiri tubuh, dan kaki kanan berkaitan dengan bagian kanan tubuh.

Hubungan Antara Zona Tubuh Dan Zona Kaki


Kepala dan Leher dan Bagian-Bagiannya - Jempol kaki

Tulang belakang – Tiap sisi bagian dalam dari kaki, memanjang ke seluruh bagian kaki.

Bagian Dada dan Organ-Organnya, Perut, Usus Kecil, Kandung Kemih – Daerah dada berhubungan dengan lingkaran terbesar dari kaki. Daerah garis pinggang dari tubuh berhubungan dengan lingkaran paling kecil dari kaki.

Organ-Organ Daerah Perut, Kaki, Pantat - Tumit, bagian belakang kaki.

Sebagai contoh, tiap ujung jari kaki berhubungan dengan sinus. Garis sepanjang ujung bagian dalam dari kaki berkaitan dengan tulang belakang. Area ginjal dan kandung kemih terletak di tengah kaki dan sepanjang bagian dalam lengkungan. Satu area kecil dari usus terletak tepat di belakangnya, berada di tengah belakang dari bagian belakang kaki.

Ada banyak referensi yang menjelaskan peta refleksologi kaki yang dapat membantu anda memahami hubungan antara organ-organ dan kaitannya dengan area-area pada kaki.

Saat kita merasakan nyeri, bengkak dan / atau ketegangan pada daerah-daerah ini, maka kemungkinan itu merupakan satu indikasi dari adanya penyumbatan atau hal lainnya yang berkaitan dengan area-area tubuh tersebut.

Saat melakukan pemijatan refleksi, tekanan yang keras tidaklah diperlukan. Manfaat yang nyata adalah lebih kepada cara mengakses titik-titik tersebut secara khusus. Sesaat setelah ditemukan, tiap titik biasanya hanya memerlukan beberapa menit untuk mendapatkan perlakuan.

Meskipun terapi pijat refleksi kaki memiliki banyak manfaat yang terlihat maupun tidak, tetapi terapi ini paling efektif bila dilakukan oleh seorang terapis profesional yang terlatih. Informasi lebih lanjut untuk mendapatkan pemijat refleksi kaki terpercaya dan berpengalaman, silakan hubungi Pijat Panggilan Lampung. (KANG HERI)

0 Response to "Pijat Refleksi Kaki dan Manfaatnya Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel